-->

Berlangganan Artikel

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

7 cara mengoptimalkan kinerja pada smartphone android/ios - Update 2017

Konten [Tampil]
@oprekinaja


Pada era yang sudah modern ini siapa yang tidak mengenal smartphone atau telphone pintar?
ya ,semua umat manusia di dunia ini memang sudah banyak sekali yang menggunakannya dibandingkan handphone genggam biasa,bahkan sudah menjadi bagian kebutuhan sehari hari .pada era modern seperti ini hampir semua orang menggunakan smartphone android . smartphone android mempunyai berbagai versi seperti jellybean,kitkat,lollipop,marsmallow dan noughat yang menduduki versi tertinggi dan terbaru sampai saat ini.namun masih banyak juga yang sering mengeluh karena smartphone yang lambat atau lemot . nah,oprekinaja punya solusi atau cara untuk masalah-masalah yang banyak terjadi pada kebanyakan smartphone android .yuk langsung aja ke topik .cekidot :)


1.menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting



@oprekinaja
Yang pertama ini yg harus dilakukan adalah cara ini . kebanyakan pengguna tidak terlalu peka dengan masalah ini . namun banyak aplikasi yang kapasitasnya besar dan membuat penyimpanan telpon anda mudah penuh dengan data di dalam aplikasi tersebut . untuk menyiasatinya sangat mudah ,anda hanya perlu menyortir dan memilah milah dengan baik aplikasi mana yang menurut anda tidak penting .seperti browser lain selain browser bawaan,facebook,twitter,antivirus atau aplikasi pembersih selain bawaan.jika sudah menghapus aplikasi yang tidak terlalu penting menurut anda ,saya rasa smartphone anda akan terasa sedikit ringan dari sebelumnya .

2.Aplikasi Pembersih Bawaan

Pada Smartphone android/ios ,banyak yang menyediakan berbagai aplikasi yang gratis untuk anda download .seperti google playstore pada android/ios .pada playstore banyak sekali aplikasi yang sangat mudah dan gratis yang bisa anda download dengan sepuasnya.aplikasi pembersih /antivirus contohnya,namun dengan mendownload aplikasi pembersih/antivirus pada playstore malah dapat membuat smartphone anda lemot dan banyak iklan yang muncul yang akan mengganggu saat anda mengoperasikannya . nah,saran saya gunakanlah aplikasi pembersih bawaan dari smartphone anda .karena aplikasi pembersih bawaan biasanya sudah disesuaikan atau cocok dengan masing-masing smartphone .

3.Menghentikan Aplikasi Berjalan

Pada umumnya saat mengoperasikan smartphone anda pasti banyak menghidupkan aplikasi seperti saat browsing,chat dengan sahabat,bahkan bermain game . dengan banyaknya aplikasi yang beroperasi secara bersamaan tentunya smartphone anda akan terasa sangat berat atau lemot .dengan begitu anda pasti kesal,nah cara ini sangat manjur untuk anda yang sering mengoperasikan aplikasi smartphone secara bersamaan.anda hanya perlu menghentikan aplikasi yang sudah anda tidak pakai .namun kebanyakan pengguna hanya menutup aplikasinya saja.tanpa anda sadari banyak aplikasi yang berjalan otomatis walaupun anda sudah menutupnya . kalau begitu gimana caranya ?? coba anda masuk setelan smartphone - manager aplikasi - kelola aplikasi - disitu akan muncul semua aplikasi yang ada di smartphone anda ,kemudian klik aplikasi manasaja yang ingin anda hentikan - setelah itu anda klik paksa berhenti .dan secara otomatis aplikasi tersebut akan berhenti dan tidak akan terbuka secara otomatis kecuali anda buka kembali .

4.Memindahkan Penyimpanan Aplikasi Ke SD Card

nah sobat sobat adroid,cara ini juga sangat ampuh . sebuah aplikasi yang anda download pastinya mempunyai data aplikasi yang tersimpan di dalam aplikasi tersebut .data data tersebut menurut saya cukup membuat penyimpanan telpon anda penuh . karena jika aplikasi yang kita install akan tersimpan di memori/penyimpanan telpon . namun jangan khawatir ,semua itu bisa di atasi dengan memindahkan data aplikasi tersebut ke dalam SD Card atau kartu memori eksternal .caranya masuk setelan - manager aplikasi - klik aplikasi unduhan yang akan dipindahkan - dan klik move to SD card atau pindahkan ke kartu Sd

5. Setting animasi smartphone


pada smartphone kebanyakan mengutamakan keindahan pergerakan atau animasinya .hal itu hanya akan membuat smartphone anda terasa berat atau lemot . sebaiknya anda mematikan animasi smartphone anda .dengan begitu anda akan leluasa mengoperasikan smartphone anda .


6.ROM bawaan/StockROM


kebanyakan pengguna android/ios memiliki kemampuan khusus yang dapat memodifikasi smartphone mereka . Contohnya dengan merubah ROM smartphone yang bertujuan untuk memperindah tampilan smartphone atau karena bosan dengan tampilannya .memang banyak kelebihannya,namun menurut saya merubah ROM smartphone kurang efektif karena smartphone akan berjalan lebih stabil jika menggunakan ROM bawaan/StockROM.

7.Rooting


Cara terakhir ini menurut saya tidak begitu wajib . karena cara ini mempunyai resiko yang sangat tinggi .bagi yang ingin menggunakan cara ini sebaiknya belajar dahulu dengan membaca cara-cara atau langkah-langkahnya yang bisa anda cari di Google atau anda dapat melihat video yang dapat membantu anda di youtube . anda hanya perlu menuliskan kata kunci yang anda butuhkan . dengan mengeRoot smartphone ,anda dapat melakukan apapun mulai dari menghapus aplikasi sistem yang tidak perlu,memblock iklan aplikasi bahkan memodifikasi dan mengoptimalkan smartphone anda agar terasa ringan dan tentunya keren .

Dengan mengikuti penjelasan di atas semoga masalah-masalah yang anda pikirkan mengenai smartphone dapat terselesaikan dan terpecahkan .Terimakasih sudah menambah ilmu anda .semua yang saya jelaskan sudah saya praktekan sendiri dan hasilnya memang benar adanya.

Akhir Kata


Mungkin itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel ini,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua .dan mohon maaf jika dalam artikel ini terdapat kesalahan dalam kata maupun penulisan .jika artikel ini bagus menurut kalian,kalian bisa share dan comment artikel ini di bawah postingan .Comment kalian sangat berguna dalam perkembangan blog ini .Sekian dan terimakasih.Salam Oprek :)

0 Response to "7 cara mengoptimalkan kinerja pada smartphone android/ios - Update 2017"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel