-->

Berlangganan Artikel

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Solusi dan Trik Mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" pada Android - Oprekinaja

Solusi dan Trik Mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup"

Konten [Tampil]

https://oprekinaja.blogspot.co.id/


Solusi dan Trik  Mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" pada Android-Terkadang saat sedang menginstall aplikasi pengguna android sering kali melihat pesan error "Kesalahan saat mengunduh .Tidak cukup Ruang pada Perangkat" atau "Error downloading .Not enough Space on Device".Kejadian ini sudah pasti disebabkan penuhnya Ruang Penyimpanan pada perangkat . Terlalu banyak data/file maupun aplikasi yang tersimpan pada memori perangkat,menjadi faktor utama gagalnya proses installasi.Sebenarnya untuk mengatasi masalah ini tidak begitu Rumit,banyak cara yang dapat dilakukan. Namun kali ini saya akanmemberikan beberapa solusi yang tepat dan terbaik .

Banyak pengguna android sangat senang menginstall aplikasi-aplikasi Baru pada Google Playstore dengan tidak memperhatikan Ruang penyimpanan pada Perangkat androidnya . Sehingga menyebabkan Penuhnya memori .Cara-cara di bawah ini dapat anda lakukan jika menerima notifikasi atau pesan error tersebut .


1.Menghapus Beberapa Aplikasi yang tidak penting

Disini kita perlu melihat atau mengidentifikasi terlebih dahulu faktor-faktor yang menyebabkan penuhnya Ruang penyimpanan .Faktor yang pertama adalah banyaknya aplikasi yang kita install pada smartphone,hal ini sering menjadi faktor utama .terlebih lagi jika kita memang senang mencoba beberapa aplikasi terbaru .Untuk itu hal yang perlu dilakukan adalah dengan menghapus atau Uninstall aplikasi yang tidak penting .Dengan begitu,Memori Perangkat anda akan Lega .

2.Pindahkan Aplikasi Pada Memori Eksternal atau SD Card

Cara yang kedua ini juga cukup Efektif untuk mengatasi masalah ini . Beberapa aplikasi dapat anda pindahkan pada Kartu SD ,
  • Caranya Pergi ke Setelan 
  • Aplikasi atau Manager Aplikasi 
  • Akan ada daftar aplikasi yang terinstall pada Smartphone 
  • Pilih aplikasi yang ingin Dipindahkan
  • lalu Klik "pindahkan ke Kartu Sd" atau "move to SD Card"
3.Hapus Cache

Selanjutnya adalah dengan menghapus File Cache pada perangkat . Kadang saat kita menjalankan aplikasi banyak menyimpan banyak cache,contohnya saat kita sedang browsing .Saat kita browsing pada Browser cache ini bisa berupa Histori/Riwayat,bookmark atau lainnya . Cache ini anda dapat hapus agar memori perangkat tidak penuh . Nah untuk caranya,dapat dilakukan dengan Merestart perangkat .Cara ini adalah yang paling baik .

4.Menghapus Data Aplikasi

Cara ke empat yaitu dengan Menghapus data yang ada pada apklikasi , Namun cara ini dapat menghilangkan data-data kita pada aplikasi tersebut,Setelah dihapus aplikasi tersebut akan tampak seperti saat kita pertama kali menginstallnya .untuk carannya :
  • Pergi ke Setelan
  • Aplikasi atau Manager Aplikasi
  • Pilih Aplikasi yang hendak kita eksekusi
  • Pilih "Hapus Data" atau "Clear Data"
5.Faktori Reset atau Setelan Pabrik

Cara terakhir ini dapat anda lakukan jika memang anda rasa perangkat anda memang sudah tidak stabil karena banyaknya aplikasi dan data yang tersimpan pada memori perangkat . Cara ini akan membuat perangkat android anda tampak seperti saat anda membeli smartphone tersebut ,karena saat anda memilih untuk ke setelan pabrik maka secara otomatis perangkat anda akan menghapus semua data maupun aplikasi yang terdapat pada memori perangkat/internal . Namun jika anda ingin melakukan cara ini saransaya ceklah terlebih dahulu data-data yang penting dan pindahkan atau Backup pada memori eksternal atau Laptop maupun PC . Langkah-Langkahnya :

  • Pergi ke setelan perangkat 
  • Cari Opsi "Cadangkan dan atur ulang" atau  "Cadangkan dan reset"
  • Scrool ke bawah dan Pilih "Reset data Pabrik"
  • NOTE : (Pastikan Anda Sudah membackup data-data penting anda)
Penjelasan diatas adalah beberapa solusi atau trik untuk mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" .

Akhir Kata

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan dalam artikel ini,semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua .dan mohon maaf jika dalam artikel ini terdapat kesalahan dalam kata maupun penulisan.jika artikel ini bagus menurut Kalian,Kalian bisa share ke kerabat atau media dan comment artikel ini di bawah postingan .Comment kalian sangat berguna dalam perkembangan blog ini.Sekian dan terimakasih.Salam Oprek


0 Response to "Solusi dan Trik Mengatasi "Ruang Penyimpanan Tidak Cukup" pada Android - Oprekinaja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel